Saturday, June 9

Set Transparent Proxy Mikrotik


 Jika jaringan mikrotik yang anda kelola adalah wireless dan anda menggunakan proxy, anda tentu akan sangat kesulitan dan tersibukkan jika harus mensetting satu persatu komputer client untuk mengarahkan ke proxy server proxy mikrotik, apalagi jika user-nya setiap hari berganti seperti di kafe – kafe. Untuk memudahkan seorang admin dan juga memaksa user untuk menggunakan web proxy mikrotik yang telah anda set, Solusinya adalah set mikrotik sebagai Transparent Proxy.

Transparent Proxy akan memaksa user untuk mengarahkan semua paket pada port 80 (http) menuju port 3128 (port web proxy mikrotik yang telah anda set).
Sebelumnya jangan lupa setup Web Proxy, jika belum silahkan setup dahulu dengan tutorial disini. Untuk mensetting agar Web Proxy Mikrotik anda Transparent, anda hanya perlu mensetting pada User Profile dengan mencentang  “Tansparent Procy”, atau pada terminal anda bisa menggunakan perintah berikut :
ip hotspot user profile set "nama User Profile" transparent-proxy=yes
jika anda menggunakan mikrotik versi 3.xx ke bawah, pada winbox pengaturan ini ada pada menu “IP” > “Web Proxy” > “Setting” > centang “Transparent Proxy”

Selamat beristirahat :), karena kini anda tidak perlu mensetting satu persatu komputer client untuk mengarah ke Web Proxy Mikrotik anda.
0 comments
 
appsTrack © 2011 SpicyTricks & ThemePacific.