Monday, May 21

Manajemen Jaringan Wireless dengan AP TL-MR3420 / TL-MR3220



Melanjutkan tutorial Set up Jaringan Hotspot pada Access  Point TL-MR3420 / TL-MR3220, setelah jaringan wireless telah siap yang perlu diperhatikan adalah manajemen jaringan untuk memaksimalkan sumber daya yang ada agar lebih optimal serta mengamankan komputer dari intruder.  Berikut adalah fitur-fitur security serta manajemen yang ada pada Access Point TL-MR3420 / TL-MR3220.
Hal pertama yang harus dlakukan adalah mengganti username dan password default dari vendor, jika username tetap dibiarkan default seorang hacker tidak memerlukan upaya lebih untuk membobol jaringan anda, karena yang pertama kali dicoba tentu pasword default dari vendor, karena hal ini masih sering diabaikan oleh mereka yang kurang memahami keamanan komputer. Untuk mengubahnya klik tab system tools, lalu pilih password dan masukkan pasowrd lama dan baru yang diinginkan.


Setelah di save, maka username dan password yang berlaku adalah pasword yang baru saja anda masukkan.



Selanjutnya adalah bagian manjemen salah satunya adalah fungsi DHCP yang memudahkan admin untuk mengkonfigurasi client karena tidak perlu mengkonfigurasi setiap komputer yang ingin terhubung, dan juga akan menjadi konfigurasi default pada komputer client. Diantara pengaturannya adalah range ip-address yang akan diberikan pada client, dalam contoh 101 sampai 150 karena jumlah user yang diijinkan sekitar 50, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda. Dan jangan lupa untuk meng-enable.



Selanjutnya adalah manajemen bandwith, yang pertama yaitu manajemen bandwith yang diijinkan untuk dipakai dari keseluruhan bandwith pada jaringan WAN, jika jaringan WAN anda melayani lebih dari satu jaringan maka fitur ini sangat berguna untuk memberikan porsi yang pas pada setiap jaringan dibawahnya. Anda bisa mengontrol bandwith dari tab Bandwith Control dan pilih Control Setting. Isikan ingress dan egress pada jaringan anda dari jaringan WAN. Ingress adalah sebutan lain dari download, sedangakan egress sama dengan upload. Sebagai contoh diasumsikan total bandwith pada jaringan WAN (DSL) adalah 4MB, karena terdapat jaringan lain makan jaringan wireless ini dijatah bandwith sebesar 2MB saja, dan 2MB sisanya dialokasikan untuk jaringan yang lain.



Manajemen bandwith selanjutnya adalah manajemen untuk client, sebagai contoh diasumsikan pada sebuah perusahaan terdapat 50 komputer, 4 komputer diantaranya adalah komputer pada ruang direktur dan manajer (192.168.1.101 - 192.168.1.104), dan sisanya milik karyawan (192.168.1.105 - 192.168.1.150). Untuk direktur dan manajer dijatah bandwith lebih besar dan sisanya untuk karyawan. Untuk mengaturnya silahkan menuju menu Rules List.






Yang tidak kalah penting sebelum mengaktifkan fitur statistics dan system log yang digunakan untuk memantau jaringan adalah konfigurasi tanggal dan waktu



Untuk mengetahui kinerja dan aktifitas dari access point bisa dilihat di menu System Log, selain bisa melihatnya dari admin page anda juga bisa mengirimkan log pada jangka waktu tertentu ke email anda untuk mengeahui aktifitas access point dari jarak jauh dari menu mail setting.




Selain pada menu system log, anda juga bisa melihat statistik pada jaringan wireless dengan meng-enable menu Statistics.



Untuk berjaga-jaga jika system crash, agar tidak mengkonfigurasi dari awal lagi anda bisa membackup konfigurasi setiap ada perubahan konfigurasi, jika suatu saat terjadi masalah anda hanya perlu me-restore file backup tersebut..



Dan yang terakhir jika suatu saat anda ingin mengembalikan konfigurasi seperti saat awal dibeli, anda hanya perlu me-restore dari menu Factory Defaults selain tombol reset dibalik AP.



Selain dari semua ini masih banyak fitur dari AP TL-MR3420 / TL-MR3220 yang bisa anda eksplor. Selamat bereksplorasi :)



7 comments

7 Responses so far.

  1. Saya ingin tanya, bisakah bandwith control diaplikasikan untuk koneksi 3G?

  2. Anonymous says:

    kalo boleh jawab nih... sebenarnya bisa. tapi bingung controlnya, wong 3g biasanya dapet bandwith pas2an om. apa lagi di bagi2. bisa lebih lemot lagi. CMIIW

  3. lutfi says:

    Sy beli router TP LINK MR3420, sdh setting dan sdh bisa muncul sinyalnya dg baik namun tdk bisa mengakses. Bgm yaaa

  4. saya udah setting managementnya sampai 512 kb
    tapi kok masih tetep tinggi aja ya trafiknya ?

    bahkan sampai rto ??
    apa perlu dikurangi lagi ?

  5. mau tanya, klo untuk memblokir situs youtube dan video streaming gmn caranya ya, saya menggunakan TP-Link MR4320,mohon pencerahannya..tks.

  6. Caranya, masuk ke mykmptr, drive C, windows, system 32, driver, etc, host, doble klik di host kmudian plih yang gmbar buku, maaf sya lupa namanya, trus di paling bwah enter 1 kali kemufian tuliskan kode nya fan situs yng ingin di tutup, cntoh

    127.0.0.1 www.youtube.com
    127.0.0.1 www.facebook.com
    127.0.0.1 www.twiter.com

    Dan seterusnya, kemudian pilih save, selesai

  7. saya tidak bisa masuk ke access point. seolah 192.168.xxx tidak diketahui. padahal signal wifi ada.
    apa yang harus saya lakukan?

 
appsTrack © 2011 SpicyTricks & ThemePacific.