Saturday, May 26

Konfigurasi AP TL-MR3420 / MR3220 sebagai WDS / Bridge / Repeater



Setelah instalasi dan manajemen wireless dengan TL-MR3420/3220, sekarang penulis ingin berbagi tentang mengkonfigurasi  Access Point TP-Link MR3420 sebagai WDS (Wireless Distribution System) atau Access Point yang difungsikan untuk memperluas jaringan wireless pada area yang tidak tercakup oleh access point yang telah ada.



Sebagai contoh pada gambar di atas, mungkin kita masih bisa menjangkau client 1, namun client 2 yang seharusnya mendapat akses tidak mendapatkannya karena wilayahnya tidak tercakup oleh sinyal  acceess point yang ada, oleh karenanya kita gunakan access point satu lagi yang difungsikan sebagai WDS untuk memperluas jangkauan sinyal wireless yang sudah ada.



Access Point (AP as WDS) yang berfungsi sebagai WDS hanya bertindak sebagai access point untuk memperluas area sinyal wireless saja, dan tidak difungsikan sebagai router, karena semua konfigurasinya akan diarahkan untuk mengikuti access point yang menjadi induk (AP Router), jadi AP as WDS berfungsi sebagaimana Switch atau Hub pada LAN. AP Router dan AP as WDS terhubung secara point to point untuk dapat saling terhubung.
Sebagaimana gambar diatas kita dapat menambahkan lagi satu access point sebagai WDS pada area yang masih terjangkau oleh sinyal wireless meski lemah dan tidak perlu menggunakan kabel tambahan, namun jika kita ingin menempatkan access point pada area yang sudah tidak terjangkau sinyal wireless sama sekali, anda bisa menggunakan kable UTP rj45 untuk menghubungkan antar kedua access point.



Dan tutorial kali ini akan membahas konfigurasi pada access point yang digunakan sebagai WDS (AP as WDS) untuk memperluas jaringan wireless yang telah ada. Fungsi WDS ini juga biasa disebut dengan mode bridge karena hanya berfungsi sebagai jembatan bagi komputer client untuk menghubungkan ke AP Router saja, atau juga bisa disebut dengan repeater.
Langkah awal silahkan masuk ke admin page TL-MR3420/3220 dari browser kesayangan anda,  secara default / settingan bawaan vendor berada di alamat 192.168.1.1 dengan username dan pasword “admin” tanpa tanda petik. Kemudian pilih tab wireless dan pilih menu wireless setting.



Kemudian isikan SSID dan pilih negara anda berada. Untuk chanel sebaiknya antara AP Router dengan AP as Router dibedakan untuk menghindari interferensi. Untuk mode sebaiknya pilih b/g/n mixed untuk kompabilitas dengan semua device, pada contoh ini saya gunakan mode n-only karena akan di jadikan sebagai percobaan. Untuk mengaktifkan fungsi WDS silahkan centang “enable WDS bridging”. Lalu klik tombol “survey” untuk mencari dan menghubungkan dengan jaringan AP Router, akan mucul jaringan wireless yang dapat tercapture oleh access point (AP as WDS), pilih “connet” pada jaringan wireless (AP Router) yang ingin anda jadikan sebagai induk/router, pada contoh ini adalah N-Doank.



Setelah ter-connect, maka SSID dan BSSID akan otomatis terisi, sebenarnya anda bisa mengisinya secara manual SSID dan BSSID-nya, namun jarang admin yang hafal dengan BSSID, jadi lebih mudah menggunakan fitur “survey”. Langkah selanjutnya adalah memasukkan password autentikasi pada AP Router jika AP Router diproteksi, silahkan pilih tipe key dan passwordnya (password yang digunakan untuk mengakses AP Router), pada contoh ini AP Router menggunakan key type WPA2-PSK dengan password “09876543”.



Dan selanjutnya adalah men-disable fungsi DHCP, karena konfigurasi DHCP sudah handle oleh AP Router. Silahkan ke tab DHCP dan pilih SHCP setting, lalu disable dan save.



Dan jika anda menginginkan untuk memproteksi akses ke AP as WDS, silahkan konfigurasi key type dan password-nya pada tab wireless – wireless security.


Step terakhir, silahkan restart access point anda untuk mengaktifkan perubahan konfigurasinya. WDS-pun sudah matang dan area jangkauan wireless anda-pun bertambah luas. Selamat menikamti :)

97 comments

97 Responses so far.

  1. Dyb says:

    Thanks.
    Saya sudah coba step2nya tapi gagal. AP-WDSnya tidak bisa connect internet. AP: belkin, AP-WDS: TP link. apa pengaruh?

  2. Unknown says:

    Makasih juga bro comment-nya..
    gak pengaruh kok.. asal sudah terconnect dan DHCP di disable, seharusnya koneksi internet akan mengikuti AP..

  3. David says:

    makasi sob ilmunya, blog nya super mantap...

    mau tanya dkit, kalo untuk setting AP as WDS lewat kabel LAN kya gambar ke 2 di atas, semisal wifinya gag nyampe caranya gimana?

    mohon jawabannya ke
    david.drcompgigabyte@gmail.com

  4. Unknown says:

    Thxs Kunjungannya...
    Cek Email :)

  5. daniel says:

    bro, step2 nya sudah saya ikuti.

    sekarang mr3420(wds) sudah menangkap signal dari router utama (tp-link TL-WR941 ND).

    rumah 2 lantai, router utama di lantai 2, wds di lantai 1 wireless gak terhubung dengan router utama, cuma colok listrik saja.

    yang ingin saya tanyakan :
    1. apakah posisi mr3420 (wds) harus di dekat router utama ?

    2. apakah antara wds dan router utama harus terhubung dengan kabel utp?

    3. kalau memang harus terhubung kabel utp, posisi colok kabelnya dimana saja? (ex: router utama di Lan 1 , wds di Lan 1 atau bagaimana?)

    4. kondisi sekarang wds saya taro di lantai 1, sinyal memang lebih kencang di lantai 1, tapi tidak bisa terkoneksi internet.

    jawaban bisa tolong dibalas ke daniel_suhardi@yahoo.com bro ?

    thanks sebelumnya.

  6. Unknown says:

    Makasih kunjungannya bro..
    Silahkan cek emailnya :)

  7. wawan says:

    jelaskan cara kalo pake kabel lan rj45 dong.. email ya.. tks sebelumnya...

  8. wawan says:

    sorry ketinggalan... email saya
    wawan_arisprasetyo@yahoo.com

    tks sebelumnya mas...

  9. Unknown says:

    Oke..
    Silahkan cek email ...

  10. Unknown says:

    Numpang tanya ya gan...kl punya saya setelah WDS berhasil terkadang device susah untuk langsung dapet ip di area repeaternya, sehingga perlu diset ip static baru bisa internetan,padhal kan mestinya IP device otomatis dapet ya kalo konek ke repeaternya? ato SSID repeaternya ga perlu disamakan ma SSID AP root gitu ya?

  11. Mohon pencerahannya Gan, saya sudah coba step-stepnya, tetapi masih belum bisa dapet internet...sebagai info,
    untuk AP Router = BlueLink BL-R33N
    untuk AP as wds = TPLink TL-MR3420

    sukocoster@gmail.com

  12. gadispuri says:

    sya juga gagal, tetep lom bisa internet.
    AP router pake Tenda
    AP as WDS pake TL MR3220 ver 1.2
    wds uda run tapi tetep g bisa konek internet.

    Saya juga gagal saat me-repeat dari AP hp android, dengan tl mr3220 padahal wds juga udah run.

    Muhon pencerahannya.
    gungratz@gmail.com

  13. Bro...mengenai setting memakai kabel LAN, bisa di post ke comment ini aja?
    Thanks bangat bro...ilmu anda sangat berharga
    Lingkungan wireless menjadi makin luas saja...

  14. Hendry Lim says:

    Sorry gan mau nanya, saya pake tp-wr941nd sebagai routernya dan tl-mr3420 sebagai wds repeaternya. Tetapi kg tetap tdk bisa online yah gan. Di router tl-wr941nd nya ada yg mesti disetting dl gak gan? Thanks gan sebelumnya. Reply ke email saya aja gan
    lim.hendry@yahoo.co.id

  15. help me gan gw modem tp link wifi jenis dan tipe nya sama.wds ping kedua modem berhasil tetapi ga bisa browsing klu mengunakan induk nya sih bisa.terima kasih

    Muhon pencerahannya.
    hera2114@gmail.com

  16. Anonymous says:

    INformasi yg Bermutu. Thanks, Gbu :)
    Bisa minta kontaknya Mas Bro, buat konsultasi selanjutnya.
    (YM juga boleh) :)

  17. prasetyo says:

    mas klu pakai power bank..kira2 jalan berapa jam ya....

  18. Anonymous says:

    Salam Mas,.. saya ada trouble... untuk AP as WDS pake TL MR3420. semua step sdh ok.. tapi nggak bs conect juga.. gmn solusinya.. makasih bantuannya Mas..

  19. Anonymous says:

    sya juga gagal, tetep blom bisa internet.
    AP router pake galaxy s3
    AP as WDS pake TL MR3420 wds uda run tapi tetep g bisa konek internet.

    Mohon pencerahannya.
    giz_fly@yahooo.com

  20. Anonymous says:

    kalo ap routernya pake mr3420, sedangkan ap as wds nya menggunakan w8151n, gimana ya om, cara settingnya?

  21. andi says:

    Mantap sharenya gan , koneksi sukses sesuai petunjuk. Tq gan

  22. Unknown says:
    This comment has been removed by the author.
  23. Unknown says:

    slamat siang pak, :) makasih atas info yang sudah di berikannya.

    pak, saya juga mau bertanya nih, hehehe ...

    saya pasang wireless tp-link seperti yg bapak contohkan?
    tp terhubung ke pc juga menggunakan kabel LAN,
    jadi kalo di gambarkan posisinya seperti ini

    PC >> Modem s*ee*y >> wireless TL-MR3220

    tanda ">>" menunjukan terhubung menggunaka kabel LAN.

    yang ingin saya tanyakan, kenapa setiap pc saya dinyalakan dan di pakai internetnya, entah browsing, streaming dll, maka saya tidak mendapatkan koneksi internet mengunakan notebook saya, koneksi notebook menjadi lemot, jadi saya suka curi curi kesempatan bila pc tidak dimainkan oleh adik saya, maka saya menggunakan notebook untuk browsing atau untuk mencari materi - materi kuliah saya,

    saya bingung untuk konfigurasi settingannya, mohon pencerahannya, karena saya masih newbe :)

    tolong pencerahannya ke email saya ya pak, :)
    "Tsukurinloe@gmail.com"

    makasih :)

  24. zul says:

    Tolong mas bro......
    Saya sudah mendirikan hotspot voucher. Topologi Modem---mikrotik rb750---bulletm2hp----omni vezatech. Ini sudah berjalan lancar, dan saya saya buat repeater tplink 5110 dan sudah bisa konek dengan ap utama bullet m2hp. Permasalahannya ketika client1 konek wifi di ap repeater itu bandwith tdk maksimal 2mbps di akses oleh client1, dan jika client2 koneksi ke ap repeater lagi maka bandwith semakin kecil dan kemungkinan kedua client tidak bisa akses internet sementara di ap pusat tdk ada yang koneksi dan apa lagi koneksi untuk 3 client di ap repeater untuk membuka halaman login saja tidak bisa. Apa ini settingan dari mikrotik pengaturan bandwith sementara pengaturan bandwith untuk browser saya los hanya download dan streaming yg dibatasi. Untuk ip dhcp dari mikrotik, ap pusat dan ap repeater di set brige. Apa ada settingan lagi yang harus di set di mikrotiknya.......?

  25. Unknown says:

    Mas bro langkah 2 sudah diikuti dan sdh BERHASIL terkoneksi. Namun besoknya malh tidak terkoneksi lg . Bisa minta petunjukknya agar bisa terus terkoneksi? Dan masalahmya apakah ap router jg harus dibuat manual u channelnya ?

  26. ary says:

    gakso brow gagal ahhh

  27. Nanang says:

    Terima kasih atas tutorialnya.
    Saya telah mencobanya tanpa kabel dan berhasil. Namun saya ingin menempatkan router di tempat yang tidak terjangkau wifi, sehingga harus menggunakan kabel. Apakah nanti settingannya sama seperti diatas?

  28. fransiskus says:

    Mas Bro Numpang tanya neh

    di area rumah saya ada wifi / hotspot nya @wifi.id
    sinyalnya sampai di rumah saya 2-3 bar

    nah yang mau saya tanyakan saya mau pakai sinyal hotspot tersebut di dalam rumah

    apa yang harus saya beli dan bagaimana caranya

    thank you

    tolong balas di email saya yaaa mas bro

    seesgames@yahoo.com

    thank you

  29. ekow says:

    tidak bisa pak, wds run tapi tetep gak bisa connect, apa memang tidak bisa?

    semua step sudah di lakukan.

  30. lodit says:

    klo nama SSID bwat repeaternya diganti bs g? jd g usah sma dg yg SSID induk.

    trus sya pnya mslh.
    hp sya android kog td bs konek ke repeater ya? pdhl lptop n hp laen mau konek.

    tp klo tu hp yg g konek direpeater td dbawa ke indukan, mau konek. gmn tu? ada pnjelasan!

  31. Anonymous says:

    saya mau nanyani, di sekolah saya pasang speedy yang langsung wereless, karena sekolah bangunannya berliku-liku maka perlu tambah wereless lagi sebagai repeater tapi saya pakai kabel upt yang panjangnya 40 m, masalahnya saya tes dengan laptop melalui LAN sinyalnya lemah sekali mengapa ya? padahal kabel upt sudah saya ganti yg baru pakai beldent. mohon pencerahannya

  32. Anonymous says:

    Tq buat ilmunya gan. Semalam habis nyoba. Awalnya gagal tapi begitu chanelnya di samain langsung lancar internetan.

  33. Unknown says:

    bro. ane kan pasang AP TP link TP-MR 3420 trs WDS nya TP link TP-MR 3220.. awalnya sukses gan .. trs seling 1 jam an wds nya jadi gak ke connect ke AP nya . itu permasalahannya dmn yah gan?
    mohong pencerahannya gan email : wjoenathan@ymail.com

  34. sudah ok. trus channel induk diubah.
    kok AP tidak bs mengikuti vhannel induk.
    harus disetting ulang.
    mas bro bagaimana spy channel AP/WDS bs mengikuti Channel indukbya.
    jd bs lancar jaya bgt
    terimakasih pencerahannya mas bro.


  35. irvan says:

    thanks mas atas infonya

    sudah terkoneksi dengan baik dengan TL-MR3420 ke modem telkom speedy

    masalahnya adalah tidak bisa terkoneksi ke internet

    mohon pencerahannya mas
    ke email kalau boleh mas

    rgds,
    irvan m
    irvanmarkos@yahoo.com

  36. Hari says:

    Saya udah coba setting seperti yg di blog ini mas, tapi masalahnya kenapa di WDS statusnya scanning terus ya? Jadi belum bisa konek ke internet. Padahal waktu di klik survey langsung ketemu SSID routernya.

  37. herry says:

    Om, kalau tp link 3420 terhubung dengan 2 komputer melalui kabel, bisa ga 2komputer tersebut bebagi data(tidak lwat internet tp untuk acces software)?

  38. Unknown says:

    Klo bwt setting bandwithnya gmn bos biar bs dpt sama smua?

  39. Unknown says:

    Klo bwt setting bandwithnya gmn bos biar bs dpt sama smua?

  40. Unknown says:

    bro, step2 nya sudah saya ikuti.

    sekarang mr3420(wds) sudah menangkap signal dari router utama (tp-link TL-WR941 ND).

    rumah 2 lantai, router utama di lantai 2, wds di lantai 1 wireless gak terhubung dengan router utama, cuma colok listrik saja.

    yang ingin saya tanyakan :
    1. apakah posisi mr3420 (wds) harus di dekat router utama ?

    2. apakah antara wds dan router utama harus terhubung dengan kabel utp?

    3. kalau memang harus terhubung kabel utp, posisi colok kabelnya dimana saja? (ex: router utama di Lan 1 , wds di Lan 1 atau bagaimana?)

    4. kondisi sekarang wds saya taro di lantai 1, sinyal memang lebih kencang di lantai 1, tapi tidak bisa terkoneksi internet.
    jwban bs d jwb ke abrajh@yahoo.com

    mksih byk...

  41. UNA STORE says:

    Gan,saya mau nanya. Caranya Reset TP LINK tl-sf1016D gmana??
    soalnya lupa passwordnya gan.. trima kasih..

  42. Apa penggunaan password di AP Induk berpengaruh baik pakai WEP atau WAP terhadap berhasil atau tidaknya WDS ??

    Sempat berhasil setting dan konek ke AP induk yg wirelessnya tanpa password,, tapi kesulitan masuk ke admin pengaturan AP repeaternya,apa IP AP repeater berubah sendiri ??

  43. spider says:

    bro. status wds mr3420 saya STATUS nya sudah RUN, tapi belum bisa konek internet. Jawabannya dikirim ke email saya ja di verysip81@gmail.com

  44. KuduBaca says:

    Nyang udah ikutin step by stepnya tp belon bisa. Upgrade firmwarenya bro, tdnya gw juga gitu, hampir botak nih pala. Alhamdulillah sekarang dah lancar jaya.. Nih Link download firmware-nya : http://www.tp-link.co.id/support/download/?model=TL-MR3420&version=V2

  45. KuduBaca says:

    http://www.tp-link.co.id/support/download/?model=TL-MR3420

  46. Mau nanya ni gan,, saya configurasi wds ap 1 sbg modem ap 2 sebagai acces point ap 3 station,,
    nah yang saya bingung kalo mengkoneksikan ap 2 ke ap 3 itu gmna
    padahal mac ap 2 sudah dimasukin ke ap 2 bgtu jg sbaliknya, tapi gx bisa konek itu gimana ya?????????????

  47. Anonymous says:

    mas... saya sudah berhasil jadikan mr3420 saya sebagai WDS tetapi yang jadi permasalahan kalo setelah listrik dari pln padam, saya tidak bisa konek lagi ke mr3420 saya kecuali saya reset factory setting dan melakukan setting ulang dari step 1 lagi.
    apakah memang seperti ini? tidak bisa autoconnect lagi mr3420 saya dengan AP setelah listrik padam?

  48. mas, untuk bridge yang pake kabel lan, mohon di kirim ke email ya, tks,

    motaross@gmail.com

  49. This comment has been removed by the author.
  50. This comment has been removed by the author.
  51. Share settingan saya yg berhasil untuk yg belom berhasil :

    Modem Utama
    Default Gateway - DHCP : 192.168.0.1
    LAN : 192.168.0.1

    Modem 2 - WDS :
    Default Gateway - DHCP : 192.168.0.1
    LAN : 192.168.0.2

    Channel kedua modem harus sama.

    DNS diisi sbb - biar lbh stabil n kenceng
    8.8.8.8
    8.8.4.4

    Selainnya ikut dengan step step @appstrack

  52. Unknown says:

    Siang mas, mau tanya.

    di area rumah saya ada wifi telkom / hotspot nya @wifi.id
    sinyalnya sampai di rumah saya cuma 1-2 bar saja.

    nah yang mau saya tanyakan saya mau pakai sinyal hotspot @wifi.id tersebut di dalam rumah saya biar kuat tangkapan sinyalnya.

    apa yang harus saya beli dan bagaimana caranya?

    Trims mas

    tolong balas di email saya ya mas

  53. Tambahan dari Saya :

    DHCP Server kedua modem : ENABLE

    Ini berdasarkan settingan saya yang Berhasil.

  54. Unknown says:

    Gan mau men disable kan filter saya tapi tidak bisa masuk ke stup tl mr3420.saya ketik ip router saya 192.168.0.1 saya coba jadinya error the socket connetcion to 192.168.0.1 failed saya coba pake jaringan wifi (yang tadi pake kabel LAN) saya ketik pasword saya sendiri sudah betul tapi gk connect saya reset pasword itu jadi60783745 saya coba gk connect apa karena filter saya sebenarnya sayak agak ceroboh igin tau tolong ya gan penjelasaanya

  55. Unknown says:

    Halo Mas,

    Pertanyaan saya agak mirip dengan beberapa orang diatas yaitu pertama - tama saya berhasil setting TP Link MR3420 saya sebagai WDS dari AP CPE Bolt namun selang 1 - 2 hari tiba2 WDS tsb tidak bisa lagi dipergunakan oleh Gadget saya dan solusi yg saya lakukan adalah reset factory dan reconfigure ulang WDSnya baru berhasil kembali namun selang 1 - 2 hari akan terputus kembali koneksinya, Kira2 apa yah mas penyebabnya?

    Saya curiga apakah dari DNS? (saya biarkan 0.0.0.0 di setting WDSnya)
    atau DHCP? (saya disable sesuai info dari Mas diatas.

    Mohon petunjuknya?

    Trims

  56. Anonymous says:

    Gan mohon dishare donk jawaban atas pertanyaan agan..kasus ane sama seperti situ...
    Trims sebelumnya..
    Ini email ane Tyo.ru54@gmail.com

  57. wb88 says:

    ALat untuk repeater wifi.id http://www.wajanbolic88.web.id/2015/03/wajanbolic-r-ap.html

  58. hui says:

    hmm..coba modemnya di reset sejak awal sblm melakukan wds bridge.. soalnya saya dulu coba cara2nya juga ga mau, tetapi sekali reset alatnya langsung mau..

  59. Unknown says:

    Seting router ADSL contoh TP link 8151N (adsl) atau type yang lain ke TP Link WR740, 3420, dll melalui WDS/tanpa colok kabel :
    1. TP Link ADLS router > Default IP Address Modem Adsl Speedy TP Link anda 192.168.1.1, seting wireless, chanel harus tetap contoh 1, 2, 3 dll.

    2. TP Link AP (740,3220, 3420)> ubah IP Address Modem AP anda 192.168.2.2 jangan disamakan dari router adsl spedy anda...> Nama Wireless bisa berbeda dan passwordnya juga (catatan : Chanel di seting Wireless router AP anda harus sesuai dengan Chanel root ADLS yang kita target dengan sebelumnya melihat survey wds)...> centang fitur wds>survey>pilih dan conect ke bssid router adsl anda>jika terpassword isi password yang sesuai dari router adsl (wep,wpa2psk, dll)...> save..> jangan lupa DHCP di router AP: disable > reboot AP anda > conect,,,

    Important : jika conect, anda tidak bisa buka web browser dari router AP anda dan hanya bisa buka web browser router ADSL...

  60. Anonymous says:

    gan, wds status udah run tp kok ga bs internetan yak.. mohon pencerahannya. riccydarma@gmail.com

  61. Unknown says:

    apakah mr3220 bisa gag bwt share inet ssh ( komputer jd hotspot)

  62. Unknown says:

    Thx gan atas info nya....
    Akhirnya bisa juga...
    Kalo ane DHCP (router kedua) gk perlu di disable (tetap enable).
    Tetapi default gateway yg di Folder DHCP (router kedua) diganti 192.168.0.1
    primary DNS di isi 8.8.8.8
    secondary DNS di isi 8.8.4.4
    selamat mencoba...

  63. Askm Gan...?
    sy mau minta tolong,
    jarak rumah saya dgn kantor saya lebih kurang 2Km, tp posisi kantor dg rumah saya tidak LOS, krn jalan antara rumah dengan kantor agak berliku-liku...
    dan saya mempunyai TL-MR3040, sedangkan wifi di kantor saya hanya bisa tembus disekitar kantor doank, tdk sampai ke luar pagar, jadi kira2 apa saya bisa menangkap signal wifi dari kantor ke rumah saya...
    mohon bantuan dan bimbingan'a Gan.."
    email : katibacomcell@gmail.com
    pin : 766c84e6

  64. Anonymous says:

    Gan terimakasih atas info nya. nah saya kan baru pasang internet In*ie Home terus dapet router Huawei HG8245A. nah pertanyaan saya, saya udah ikutin semua petunjuknya tapi belum berhasil juga ngebridge si huawei ke TP-Link TL-MR3420. mungkin agan bisa bantu thx

  65. Unknown says:

    thanks ilmunya gan,
    sudah coba dan berhasil,

    pertanyaan selanjutnya jika TP Link Mr3420 nya mati (padam listrik / sengaja dimatikan) setelah aktifkan lagi, jadi gak bisa connek,

    gimana ya caranya agar tidak terjadi seperti ini


    balas ke email saya ya mas : rahmadkumalik@gmail.com

  66. Masdars says:

    Mas ,saya punya tp-link TL-WA601 G DAN TL-MR3420 ,SKRANG ini wa-601 G sudah saya jadikan Client untuk PC saya menggunakan kabel Utp dan berhasil conek internet, karena klau pakai wifi wa-601 g tidak suport repeater yg menggunakan security WPA_WPA2/psk.
    bagaimana cara seting wa-601 sbagai client dihubungkan dengan Mr3420 , agar nantinya bisa untuk internetan 2 PC/ lebih ? makasih sebelumnya,
    emailku :dsonsgames@gmail.com

  67. Unknown says:

    Mohon pencerahan gan.
    Aku sudah mengikuti step by step
    Knp tiap kali dhcp di disable malah wifinya gak bisa di conneckin di perangkat lain..
    Kalo belum di disable perangkat lain bisa connek. Tapi gak bisa buat browsing..
    Mohon pencerahannya
    Email : avip1982@gmail.com

  68. Anonymous says:

    kalau mau gampang dikasih kabel lan aja bro udh gitu arahin gatewaynya ke modem utama alias nebeng koneksi internet
    semoga solved masalahnya

  69. Unknown says:

    Masih gak bisa connected :(

  70. Udah bisa konek, tapi kalau mau ke masuk gateway yang repeater gimana? saya coba 192.168.0.1 gak bisa?

  71. Unknown says:

    saya sudah mengikuti bagian demi bagian saya paki tl 3220 jarak k router +- 10M
    Knp tiap kali dhcp di disable malah wifinya gak bisa di konekin di perangkat lain..
    Kalo belum di disable perangkat lain bisa konek. Tapi gak bisa buat browsing..selain di atas apa ada yg perlu d rubah lagi
    Mohon pencerahannya
    Email : arieprachman80@yahoo.co.id

  72. Anonymous says:

    Untuk yg mau bertanya tentang seputar Jaringan WiFi, bisa invite BBM sy di 7F11DCEE ... dgn senang hati sy bantu semampunya sy ... Oh ya, sedikit berbagi nih, sy sdh menjalankan usaha Bisnis RT/RW Net (via WiFi) sejak tahun 2002 s/d skrg ... Tk

  73. Anonymous says:

    Mudah2an Comment sy tsb bisa membantu memecahkan permasalahan yg dialami oleh teman2 ... tk utk admin yg sdh membuat blog ini, semoga sy bisa membantu menjawab / keluhan yg ditujukan utk admin ..

  74. Unknown says:

    saya coba wds kaya gitu tapi cuma kuat sehari gan, besoknya ngga bisa konek ada yang bisa bantu apakah step di atas ada yang terlewat?

  75. Unknown says:

    Bro ,, kasus ane sama dengan 2 agan d atas, mohon resend jawabannya ya
    gitapratama906@gmail.com

  76. Wawan says:

    Makasih gan buat tutorialnya, buat yang masih belum bisa, jangan lupa DHCP nya diset disable...Thx

  77. Unknown says:

    Gan..
    Carane yok opo??
    Ngambil wifi kafe trus di share lagi dirumah dgn nama yg beda..

  78. Unknown says:

    Gan..
    Carane yok opo??
    Ngambil wifi kafe trus di share lagi dirumah dgn nama yg beda..

  79. Unknown says:

    Gan..
    Carane yok opo??
    Ngambil wifi kafe trus di share lagi dirumah dgn nama yg beda..

  80. Unknown says:

    Bagaimana cara jika tPlink troublesoot yA

  81. Unknown says:

    Nmpng nanya gan
    Tplink saya w3440 saya salaah menekan didhcp trus tdk mau konek lg.. setiap dikonekkan balasan troubleshoot problems gmana mengatasinya ya gan

  82. Unknown says:

    Gan mau nanya klo ga mau konek gmana ya mengatasix
    Tiap dikonekkan balsanx troubableshoot promblems truss

  83. Unknown says:

    Om boleh nanya
    Klo ga mau konek knpa ya
    Bls keemai aja ya om
    Makasi sblmx

  84. Unknown says:

    gan untuk AP WDS nya, bisa pake wifi mobile ngk? misalnya pake android mobile trus di bridge oleh mr3020,....mohon konfirmasi baliknya segera makasih

  85. dieq41 says:

    untuk yang belum bisa konek ke internet, coba firmwarenya di upgrade ke versi yang terbaru..
    untuk yang harus setting dari awal lagi saat AP induk mati, coba disamain channelnya, jangan pilih Auto untuk channelnya..

  86. Alank says:

    Gan, mo nanya klo andromax mifi m3y agar wifi nya bisa terhubung ke tp link tl mr 3220 gmn caranya gan? Mohon pencerahan nya gan ke
    ir.funs84@gmail.com

  87. Alank says:

    Gan, mo nanya klo andromax mifi m3y agar wifi nya bisa terhubung ke tp link tl mr 3220 gmn caranya gan? Mohon pencerahan nya gan ke
    ir.funs84@gmail.com

  88. Unknown says:

    artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di "CARA SETTING WIRELESS N ACCESS POINT TP LINK TLWA901ND SEBAGAI WDS / UNIVERSAL REPEATER MODE"

    atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/cara-setting-wireless-n-access-point-tp-link-tlwa901nd-wds-universal-repeater-mode/

    trimakasih dari argayudhaadhiprama.com

  89. Unknown says:

    Sory braymau tanya dkit, kalo untuk setting AP as WDS lewat kabel LAN kya gambar ke 2 di atas, semisal wifinya gag nyampe caranya gimana?
    Tolong email ea bray thans
    Rian_rianto025@yahoo.co.id

  90. gowrink86 says:

    gan mohon info konfigurasi internet tp-link mr4320 melalui LAN dengan akses internet modem 4G.

    mohon infonnya :D
    gowrink465@gmail.com

  91. Unknown says:

    Tolong bantuanya gmna caranya mr3220 bisa pake kabel lan ke pc gmna setingnya.kalo pake pake penangkap wifi mah ga enak pingin coba pake lan
    Kirim ke email:edwikyd@gmail.com

  92. Unknown says:

    min...tp link wr820n kan ane jadiin reapeater...awal nya udah konek....posisi nya ada yg ngrubah...trs dikembalikan k tempat semula lagi kok trs tidak konek ya....solusi ny gimana min

  93. Gan tanya dong, langkah2 nya udah saya ikutin, tp blm bs connect, ap as wds nya minta password, sdh tk isikan sama dgn yg ada di setting ap tetap g masuk

  94. Unknown says:

    Jelas aja gagal om
    Contoh IP AP 192.168.1.1
    IP WDS harus 192.168.1.2

    Kalo IP AP 192.168.0.1
    IP WDS harus 192.168.0.2

  95. Mas bantu saya dong, status run tapi gk ada koneksi internet

  96. Gan minta tolong dong, step" nya udah tak lakukan tapi ttp ada tanda seru kuning di wifinya.

    Wds status sudah run padahal gan.

    Mohon sangat bantuannya gan.

    Email : ihwanul.azmi@yahoo.com

 
appsTrack © 2011 SpicyTricks & ThemePacific.