Thursday, May 31

10 Tips untuk Meningkatkan Performa Jaringan Wireless


Sinyal wi-fi lemah ??? kemungkinan yang bisa terjadi adalah koneksi yang anda dapatkan tidak sebaik yang seharusnya, atau lebih buruk lagi anda bisa kehilangan koneksi dengan jaringan wireless di tempat - tempat tertentu. Jika itu masalah anda, di sini ada beberapa tips untuk meningkatkan kecepatan dan performa jaringan wireless di kantor atau tempat anda berada, juga tips untuk memperluas jangkauan sinyal wireless anda.

1. Posisikan Router, Modem, dan Access point di satu titik terpusat (di tengah ruangan)
Bila mungkin tempatkan Router, Modem (modem DSL atau kabel dengan router built-in nirkabel), atau  Wireless Access Point  (WAP) pada satu titik pusat atau di tengah rumah/gedung anda, karena jika letak access point terhalang oleh dinding, maka tentu akan mengurangi kekuatan sinyal wireless anda. Jika Access point berada pada lantai pertama sedangkan client (PC / Laptop) yang mengakses jaringan wireless berada pada lantai kedua, maka tempatkan access point pada tempat yang tinggi di laintai pertama tersebut. Jika tips pertama ini sulit anda terpakan, jangan khawatir karena masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa jaringan wireless anda.

Berikut adalah penempatan access point yang buruk :

Sebaiknya anda tempatkan access point seperti berikut :


2. Jangan letakkan access point di lantai dan jauhkan access point dari benda – benda logam
Benda logam, dinding, dan lantai akan mengganggu sinyal router wireless anda. Semakin dekat wireless router atau access point anda dengan penghalang ini, maka semakin parah pula gangguannya, dan juga koneksi anda lebih lemah.

3. Ganti antena router Anda
Antena bawaan vendor (pabrik) yang disertakan dengan router atau access ponit didesain untuk menjadi Omnidirectional, yang berarti bahwa sinyal wireless yan ada disiarkan ke segala arah di sekitar access point. Jika access point anda dekat dengan dinding, setengah dari sinyal nirkabel akan dikirim di luar ruangan anda, dan banyak kekuatan access point anda akan sia-sia. Sebagian besar access point tidak mengizinkan anda untuk meningkatkan daya atau output power, tetapi anda bisa memanfaatkan daya power yang ada lebih baik lagi. Jika antena access point anda dapat dilepas, anda dapat meng-upgrade antena bawaan tersebut dengan “antena high gain” yang memfokuskan sinyal wireless hanya pada satu arah. Anda bahkan dapat mengarahkan sinyal ke arah yang paling membutuhkannya.





4. Tambahkan wireless repeater
Wireless repeater memperluas jangkauan jaringan wireless anda tanpa anda harus menggunakan kabel. Anda hanya perlu menempatkan wireless adapter di pertengahan antara wireless router, modem router, atau access point anda dan komputer Anda, dengan begitu anda dapat memperkuat serta memperluas sinyal nirkabel Anda.

5. Ubah dan sesuaikanlah channel wireless anda
Wireless router / access point dapat membroadcast dengan channel yang berbeda-beda, mirip dengan cara stasiun radio menggunakan saluran yang berbeda. Sebelumnya analisa terlebih dahulu chanel – chanel yang telah terpakai di sekitar tempat anda, lalu ubahlah channel wireless anda melalui halaman konfigurasi router / access point anda untuk meningkatkan performa wireless router anda. Anda tidak perlu mengubah konfigurasi komputer anda, karena komputer anda secara otomatis dapat mendeteksi channel baru. Untuk analisa channel lebih lengkap anda bisa merujuk kesini.

6. Kurangi wireless interference
Teknologi nirkabel yang paling umum saat ini masih menggunakan 802.11g (meskipun sudah bermuncuan device yang menggunakan standar 802.11n, namun masih jarang yang murni memanfaatkan standar 802.11n, kebanyakan masih menggunakan mode b/g/n mixed, lebih detail tentang standar IEEE 802.11 disini) beroperasi pada frekuensi 2,4 gigahertz (GHz). Banyak telepon tanpa kabel, oven microwave, monitor bayi, pembuka pintu garasi, dan perangkat wireless elektronik lainnya juga menggunakan frekuensi ini. Jika Anda menggunakan perangkat wireless di rumah anda, komputer anda mungkin tidak dapat "menangkap" sinyal router anda yang terhalang oleh noise yang datang dari perangkat-perangkat tadi.

7. Update firmware atau driver adapter network / wireless router Anda
Produsen router secara berkala melakukan perbaikan terhadap perangkat router atau access point mereka. Biasanya, perbaikan ini untuk meningkatkan kinerja perangkat tersebut. Untuk mendapatkan update firmware terbaru untuk router anda, kunjungi situs web produsen router / access point anda. Demikian pula pada sisi client, vendor adapter jaringan juga  memperbarui perangkat lunak Windows yang digunakan untuk berkomunikasi dengan network adapter, yang dikenal sebagai driver. Pembaruan ini biasanya meningkatkan kinerja dan kehandalan. Untuk mendapatkan driver update, ikuti petunjuk di bawah ini untuk tiap - tiap sistem operasi windows anda :
* Windows 7
* Windows Vista
* Windows XP
Silahkan kunjungi Microsoft Update, klik Custom, dan kemudian tunggu hingga Windows XP mencari update terbaru untuk driver komputer Anda. Kemudian instal setiap update yang berkaitan dengan wireless adaptor.

8. Jika mungkin, gunakan setiap perangkat wireless dari satu vendor
Meskipun Linksys router dapat bekerja dengan baik dengan adapter jaringan D-Link, namun anda akan mendapatkan kinerja yang lebih baik lagi jika anda menggunakan router dan network adapter dari vendor yang sama. Beberapa vendor menawarkan peningkatan kinerja hingga dua kali kinerja ketika memilih perangkat keras mereka. Sebagai contoh,  Linksys memiliki teknologi SpeedBooster untuk perangkat wireless-G nya, dan D-Link memiliki tambahan 108G untuk perangkat wireless-G nya.
Jika kecepatan koneksi adalah prioritas untuk Anda, pertimbangkan untuk meng-upgrade teknologi wireless anda, sebagaimana tips berikutnya ini.

9. Upgrade device 802.11a, 802.11b, and 802.11g menjadi 802.11n
Kendati wireless-G (802.11g) saat ini menjadi standar yang paling umum digunakan pada jaringan wireless, wireless-N (802.11n) setidaknya dua kali lebih cepat dan memiliki jangkauan yang lebih baik dan stabil. Wireless-N adalah adalah standar wireless yang kompatibel dengan 802.11a, 802.11b, dan 802.11g, sehingga anda masih dapat menggunakan peralatan nirkabel yang anda memiliki-meskipun anda tidak akan melihat banyak peningkatan dalam kinerja sampai Anda meng-upgrade wireless adapter pada komputer anda.
Jika anda menggunakan wireless-B atau wireless-G dan Anda tidak puas dengan kecepatan dan kinerja jaringan anda, anda bisa mertimbangkan untuk mengganti router dan adapter jaringan dengan perangkat yang menggunakan standar wireless-N. Jika Anda membeli peralatan baru, sangat direkomendasikan untuk memilih perangkat dengan stndar wireless-N.
Berikut adalah cara yang bisa anda gunakan untuk mengetahui teknologi wireless adapter yang terpasang pada perangkat anda :
* Windows 7
- Klik Start, kemudian klik Device dan Printers.
- Klik kanan pada ikon dari komputer Anda, kemudian klik Properties.
- Klik tab Hardware. Scroll sampai Anda melihat kartu nirkabel atau adaptor. Di bawahnya, anda akan melihat 802.11n, 802.11g atau 802.11b.
* Windows Vista
- Klik Start, klik Network and Internet, kemudian klik Network and Sharing Center.
- Di sebelah kiri, di bawah Tasks, klik Manage Network Connections.
- Klik dua kali Wireless Network Connection, kemudian klik Details. Di bawah deskripsi, Anda akan melihat 802.11n, 802.11g atau 802.11b.
* Windows XP
Di lapangan jaringan Wireless tidak pernah mencapai batas bandwidth teoritis. Dalam kenyatannya jaringan Wireless-B biasanya 2-5Mbps. jaringan Wireless-G kisaran 13-23 Mbps. Sedangkan peralatan Wireless-N adalah sekitar 50 Mbps.

10. Tingkatkan kemanan jaringan wireless anda.
Keamanan jaringan juga merupaka langkah untuk mengoptimalkan performa wireless, karena tanpa security yang bagus pada jaringan wireless, sebaik apapun manajemen jaringan, jika keamanannya di hack atau dibobol, maka semuanya tidak akan berarti. Tips pertama untuk kemanan wireless, gantilah username dan pasword default dari vendor, kemudian untuk keamanan autentikasi gunakanlah WPA, karena WEP saat ini sudah sangat rawan untuk dibobol.

Demikian tips – tips untuk menigkatkan kinerja jaringan wireless anda, semoga bermanfaat.


Sumber Referensi
10 comments

10 Responses so far.

  1. phitoosh says:

    saya suka artikel ini, dan ada beberapa yang bisa saya share mungkin bisa membantu.

    seluruh wireless yang saya miliki menggunakan mikrotik RB433AH + antenna grid hyperlink + minipCi WMIA-166G/E(AR5BMB6).

    dengan posisi point to point dan tanpa halangan apapun. jarak 50 meter

    streeng -40/-40
    CCQ 100%/100%

    dengan kondisi seperti itu tidak bisa melakukan download file dengan kecepatan 20Mbps. maksimal hanya 2Mbps

    bisa kasih saran ?

    terimakasih

  2. Anonymous says:

    When someone writes an post he/she maintains the idea of a user
    in his/her brain that how a user can be aware of it. So that's why this post is great. Thanks!

    Look at my homepage :: baseball history

  3. Anonymous says:

    Hi, i read your blog occasionally and i own a similar one and i
    was just wondering if you get a lot of spam comments?

    If so how do you stop it, any plugin or anything you can recommend?
    I get so much lately it's driving me crazy so any assistance is very much appreciated.

    Feel free to surf to my web site; dealer showrooms after days

  4. Anonymous says:

    Heya i am for the primary time here. I found this board and I in finding It really useful & it helped me out a lot.

    I'm hoping to present something back and help others such as you helped me.

    Look at my page; kids table and chairs set crafts

  5. Anonymous says:

    Nice post. I was checking continuously this blog
    and I am impressed! Very helpful info specifically
    the last part :) I care for such info much. I was seeking this particular information for a long time.
    Thank you and best of luck.

    Also visit my blog: holter monitor

  6. Unknown says:

    joss banget nech blog,makasih master semua tutorialnya mudah dipahami.

  7. Unknown says:

    Pake kaleng bekas apa bisa memperkuat sinyal wifi gan?

    Salam

    Topi murah

  8. heru sb says:

    saya punya perangkat wifi sisi ap bulet 2, clien airgrid 16 db, signal lumayan bagus tapi ccqnya mudah drop dengan drastis, kira2 kenapa?

  9. Anonymous says:

    ganti dengan satu merk gan ... pasti maknyus

  10. jok says:

    mau nyetak tapi gak bisa ndesain ?
    atau lagi nyari tempat untuk keperluan cetak anda ?
    selamat !
    Anda menemukan solusinya, percayakan kepada kami "JOGJA OFFSET KREASINDO"
    membantu urusan cetakan Anda
    cetak Undangan, Kalender, Nota, Buku, majalah, brosur, Poster dll
    Dengan Mesin sendiri, Harga berasni bersaing

    kunjungi
    https://bit.ly/2OJ69zj
    WhatsAPP 0813-2541-1253

 
appsTrack © 2011 SpicyTricks & ThemePacific.