Sunday, May 6

File Sharing di Windows 7 ala Warnet



Pada Sistem Operasi windows 7 telah tersedia fitur untuk berbagi dan bertukar data melalui jaringan, pada komputer personal atau laptop fitur ini jarang digunakan, karena ada sarana yang lebih mudah untuk bertukar data dengan menggunakan removable device seperti flashdisk atau memory card, biasanya fasilitas ini banyak digunakan pada warnet untuk berbagi file multimedia maupun sebagai direktori data user.
Untuk men-setting agar hardisk atau folder tertentu dapat diakses oleh komputer lain sangat mudah, hanya memerlukan beberapa step kecil sebagai berikut.
1. Klik kanan pada Drive atau folder yang akan di-share, pilih propertis


2. Pada tab Sharing, klik “Advanced Sharing” dan centang “Share this Folder”, pada “Share name” tentukan nama folder sharingnya dan pada “Limit the number of simultaneous users to” tentukan berapa user yang dapat mengakses secara bersamaan dalam satu waktu.


3. Selanjutnya klik permission dan tambahkan siapa saja yang dapat mengakses beserta hak aksesnya, jika tidak ingin men-spesifikasikan seorang user atau untuk user yang banyak mungkin cukup gunakan “everyone” dengan hak akses “read”, dan tambahkan user sebagai  administrator dengan hak akses “full control” untuk me-manage kontent didalamnya dalam jaringan.


Kemudian untuk mengakses dari client ketikkan pada address bar di explorer  \\nama_komputer\folder_share_name atau anda dapat melihatnya pada “Network Path”. untuk mengaksesnya, “nama_komputer” juga dapat diganti dengan ip address.






Setelah semua tersetting tinggal copy paste file yang diinginkan sebagaimana ketika berada pada komputer sendiri.
Untuk memudahkan klien yang sering mengakses folder yang di share tanpa harus mengetikkan manual di address bar, bisa di tambahkan pada “MapNetwork Drive” yang nantinya akan muncul sebagai drive tersendiri di explorer, dan untuk megaksesnya hanya tinggal klik Drive sebagaimana fasilitas sharing data multimedia di warnet.
0 comments
 
appsTrack © 2011 SpicyTricks & ThemePacific.