Sunday, May 6

Membangun jaringan Ad-Hoc Wireless Mode



Jaringan Ad-Hoc pada dasarnya diperuntukkkan untuk membuat jaringan dengan maksud dan waktu tertentu  saja, setelah keperluan tersebut terpenuhi jaringan dapat di hilangkan lagi, jaringan ad-hoc biasanya digunakan untuk keperluan transfer atau sharing data dan bermain game. Untuk membangun jaringan ad-hoc yang diperlukan adalah adapter wireless pada masing-masing komputer yang ingin terkoneksi ke jaringan ad-hoc karena ad-hoc adalah salah satu mode wireless yang peer to peer atau point to point, jadi ad-hoc diperuntukkan hanya untuk mengkoneksikan beberapa komputer saja tidak seperti wireless mode infrastructure yang dapat digunakan oleh user dalam jumlah besar. Dalam ad-hoc semakin banyak komputer yang terkoneksi maka data rate akan semakin berkurang, namun bisanya ad-hoc hanya digunakn untuk dua atau tiga komputer saja. Untuk kelebihan dan kekurangan ad-hoc silahkan merujuk kesini.


Untuk membuat jaringan ad-hoc sangat mudah hanya dengan mengikuti wizard atau panduan yang tersedia, untuk memulai ketikkan “ad-hoc” pada Start menu search



Lalu ikuti panduannya dengan “next”



Isikan nama jaringan ad-hoc yang ingin di broadcast pada “Network name”, pada “Security type” pilih tipe autentikasi yang diinginkan apakah Open (tanpa autentikasi password), WEP atau WPA2-Personal, jika menginginkan keamanan sebaiknya pilih WPA2 karena WEP sudah sangat rentan untuk di crack . sebagai contoh dengan menggunakan WPA2 lalu masukkan security key-nya. Centang pada save this network jika menghendaki agar jaringan ad-hoc yang dibuat tetap tersimpan setelah selesai digunakan.



Next,



Kemudian lihat pada ikon sinyal wireless, sekarang sudah terlihat nama jaringan ad-hoc yang tadi dibuat dan statusnya adalah adalah waiting for user yang berarti belum terkoneksi dengan user yang lain.



Pada komputer  lain akan terlihat SSID ad-hoc yang tadi dibuat, connect sebagaimana pada jaringan wireless infrastructure, lalu akan diminta security key yang tadi dibuat, masukkan security key-nya dan selesai,




komputer sudah saling terkonek dan bisa digunakan untuk file sharing maupun bermain game bersama teman-teman anda.
0 comments
 
appsTrack © 2011 SpicyTricks & ThemePacific.